pta-plg-logo.png

Ditengah Zona Merah, PA Prabumulih Sukses Gelar Pelantikan CPNS menjadi PNS Secara Daring

.

PelantikanPNS3.jpeg

PA-PRABUMULIH.GO.ID (Senin, 13/04/2020), Ketua Pengadilan Agama Prabumulih (YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH) melaksanakan pelantikan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi PNS secara daring, dengan menggunakan aplikasi Zoom. Di mulai pada pukul 10.00 WIB, acara pelantikan berlangsung khidmat dan mengharukan.

Pelantikan yang dilakukan di tengah dampak sosial penyebaran COVID-19 dan ditetapkannya Kota Prabumulih sebagai Zona Merah oleh Kementerian Kesehatan ini, berbeda seperti biasanya, karena pertama kali dilakukan dengan protokol COVID-19 dan disiarkan secara online. Pelantikan ini dihadiri dengan peserta terbatas dan menggunakan masker. Ketua Pengadilan Agama Prabumulih yang melantik dan mengambil sumpah/janji PNS tidak hadir secara fisik pada tempat/venue pelantikan, karena masih melakukan WFH (Work From Home) di Kota Jakarta.

Pelantikan jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara daring diatur dalam Surat Edaran Badan Kepegawaian Negara Nomor 10/SE/IV/2020, tanggal 02 April 2020, tantang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS atau Sumpah/Janji Jabatan Melalui Media Elektronik/Teleconference pada Masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona. Berdasarkan Surat Edaran tersebut, dengan aturan tertentu, pelantikan dan pengambilan Sumpah PNS atau pengambilan sumpah jabatan bisa dilakukan melalui media elektronik secara teleconference selama pandemi virus corona berlangsung.

Dalam sambutannya, YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH menuturkan hari ini kita menyaksikan bersama suatu prosesi pelantikan yang barangkali selama ini sedikit berbeda dari yang sering kita lakukan. “Karena satu dan lain hal yang kita ketahui bersama, bahwa ada musibah yang sangat luar biasa menimpa dunia dan bangsa ini termasuk Kota Prabumulih. Oleh karena itu, kita senantiasa selalu berdoa menyampaikan puji syukur kepada ALLAH SWT, mudah-mudahan musibah ini segera berakhir dan berhenti sehingga kita bisa beraktivitas seperti biasa yang kita lakukan selama ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, YM. Suryadi menyampaikan apresiasi atas suksesnya acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan PNS. “Dalam jarak jauh, antara Depok – Prabumulih yang sama-sama masuk Zona Merah, kita masih dapat menyelenggarakan acara pelantikan secara daring/online. Maka dari itu, atas nama Ketua Pengadilan Agama Prabumulih menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Prabumulih, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta adik-adik tenaga Honorer,” urainya.

Selanjutnya beliau pun mengucapkan selamat kepada ke-3 orang PNS yang telah dilantik, dan menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir secara fisik. “Selamat buat Berlau, Silvy dan Desi yang pada hari ini telah di lantik sebagai Pegawai Negeri Sipil. Semoga karir kalian semakin meningkat, hingga akhirnya nanti dapat mengemban amanah sebagai salah satu Pejabat Struktural/Fungsional. Dalam kondisi seperti ini, kami melantik saudara-saudara secara darurat, oleh karena itu, saya menyampaikan permohonan maaf tidak dapat hadir secara fisik karena masuk zona merah, apalagi sudah diberlakukan PSBB di Kota Jakarta,” tuturnya.

Tak lupa, Ketua juga turut menyapa para tamu Aparatur WFH PA Prabumulih melalui aplikasi dalam jaringan (daring), atau yang dikenal dengan online meeting. Ketua turut mengajak untuk terus produktif dan berjuang bersama memutus mata rantai COVID-19. Tetap optimis, terus berpikir positif dan yakin wabah ini segera berakhir.

 

Adapun Pegawai Negeri Sipil yang di lantik yaitu, Berlau Jaken, SE sebagai Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, Desi Kuskiki, SH sebagai Analis Perkara Peradilan, dan Silvy Monica sebagai Pengelola Sistem dan Jaringan (rani)