pta-plg-logo.png

Waspada COVID-19 : Aparatur WFH PA Prabumulih Lakukan Absen Online

.

Absenonline.jpg

PA-PRABUMULIH.GO.ID – Merebaknya Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia, Ketua Mahkamah Agung RI dalam suratnya Nomor 1 Tahun 2020, tanggal 23 Maret 2020, mengumumkan Pedoman Pelaksanaan Tugas selama Masa Pencegahan Penyebaran COVID-19 dilingkungan  Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya, maka di minta kepada seluruh Pimpinan, Hakim dan Aparatur Peradilan pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya, untuk melakukan langkah-langkah penyesuaian sistem kerja dengan berpedoman pada Surat Edaran MENPAN dan RB Nomor 19 Tahun 2020, tanggal 16 Maret 2020, dimana Hakim dan Aparatur Peradilan dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah/tempat tinggalnya (work from home).

Tanggal 26 Maret 2020, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang dalam suratnya Nomor W6-A/627/KP.01.1/III/2020, juga mengumumkan Pedoman Pelaksanaan Tugas selama Masa Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Pengadilan Tinggi Agama Palembang Tahun 2020, di minta kepada seluruh Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang agar membuat pembagian shift dinas dilingkungan kerjanya masing-masing terhitung mulai tanggal 27 Maret 2020 s.d 03 April 2020.

Menindaklanjuti kedua surat edaran tersebut, Ketua Pengadilan Agama Prabumulih (YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH) mengambil kebijakan untuk menerapkan konsep WFH (Work From Home) dilingkungan kantor Pengadilan Agama Prabumulih, sebagai bentuk upaya pencegahan serta meminimalisasi penyebaran virus COVID-19. Kebijakan ini mulai aktif diberlakukan sejak tanggal 26 Maret 2020 s.d 03 April 2020 yang selanjutnya akan dievaluasi kemudian.

Ketua Pengadilan Agama Prabumulih menjelaskan kebijakan WFH yang diterapkan ini adalah WFH sebagian yang mayoritas diterapkan di back office. “Tidak semua pegawai WFH, beberapa petugas tetap masuk di masing-masing unit kerja dengan skema piket,” ujar beliau. Ketua meminta jajarannya tetap bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi agar layanan tetap berjalan. Ia juga berpesan agar jajarannya fokus bekerja selama jam kerja yang berlaku di kantor Pengadilan Agama Prabumulih.

Untuk memastikan pegawai yang menjalankan WFH tetap melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan jam kerja, maka Ketua Pengadilan Agama Prabumulih menginstruksikan Kasubbag Kepegawaian dan Ortala (Dodi Ramadhanus, ST) membuat absensi secara online. Program absensi online ini dapat membantu pegawai dalam melakukan absen masuk dan absen pulang melalui smartphone dari rumah masing-masing.

Dengan adanya absensi online yang diperuntukkan untuk aparatur yang melakukan WFH dapat selalu disiplin dalam memanfaatkan waktu bekerja di rumah sebaik mungkin. Semoga dengan adanya kebijakan ini, aparatur dapat bekerja dengan baik dan tanpa ada kekhawatiran di tengah wabah penyebaran COVID-19 di Provinsi Sumatera Selatan. (rani)