pta-plg-logo.png

PA Martapura Selamatkan Perpecahan Antar Keluarga

Written by Pranata Komputer Ahli Muda.

PA Martapura Selamatkan Perpecahan Antar Keluarga

||pa-martapuraokut.go.id.

Martapura-24 Agustus 2021, Hakim Mediator Pengadilan Agama (PA) Martapura kembali monerahkan prestasi atas keberhasilannya dalam memediasi perkara sengketa waris. Pada mediasi kali ini terasa spesial dikarenakan Hakim yang menjadi mediatornya adalah YM. Kuala Akbar Andalas, S.H.I mengingat beliau merupakan salah seorang Hakim yang mendapat promosi mutasi Hakim dilingkungan Peradilan Agama Periode Agustus 2021.

Keberhasilan dalam proses mediasi untuk perkara sengketa waris merupakan hal yang pertama bagi PA Martapura mengingat perkara sengketa waris seringkali sebagai masalah sengketa harta yang rumit karena sering menimbulkan konflik persaudaraan, maka harus ada pencerahan yang bersifat intens kepada masyarakat bahwa sejatinya perkara waris bisa melahirkan perdamaian atau win-win solution yang bisa membawa keberkahan bagi kehidupan kedua belah pihak yang berpekara dan tentunya peran kuasa hukum dari masing masing pihak juga sangat penting dalam mendukung agar mediasi itu dapat berjalan dengan sukses.

 

Berpedoman pada Pasal 154 R.Bg. dan PERMA Nomor 1 Tahun 2016, serta berbekal surat Penunjukan Hakim Madiator dari Ketua Majelis Hakim, mediator menjalankan fungsinya, diawali dengan mempersiapkan jadwal pertemuan, mendorong para pihak untuk aktif dalam proses mediasi, meneliti dan menggali kedudukan para pihak, karena bisa saja ada pihak yang belum didudukkan sebagai ahli waris atau sebaliknya.

Bagi Pihak yang berpekara keberhasilan mediasi ini membuat hubungan dan buntunya komunikasi diantara keluarga berhasil terselamatkan dan diakhir proses mediasi seluruh pihak yang berpekara mengucapkan “Terimakasih kepada Hakim Mediator”. (UHS)

WhatsApp Image 2021 08 24 at 10.12.361

HUT MARI Ke-76, Sambangi Ponpes Khusus Yatim, PA Martapura Berbagi

Written by Pranata Komputer Ahli Muda.

HUT MARI Ke-76, PA Martapura Berbagi, Sambangi Ponpes Khusus Yatim dan Masyarakat Sekitar

 

Jum’at, 20/8/2021. Dalam situasi Pandemi Covid-19 dan penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang menjadikan daya beli masyarakat menjadi berkurang.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung Republik Indonesia (MARI) Ke- 76 tahun 2021. Pengadilan Agama (PA) Martapura melalui Ketua PA Martapura Ibu Syarifah Aini, S.Ag., M.H.I. berinisiasi untuk kembali membagi Kebahagiaan dengan Masyarakat Sekitar yang meliputi dari penarik Beca dan Ojek dilingkungan PA Martapura. acara ini diikuti oleh Pimpinan PA Martapura, Hakim, Panitera, Sekretaris serta Aparatur PA Martapura

" Suasana Penyerahan Bantuan Sembako kepada Penarik Beca dan Ojek di Lingkungan Kantor PA Martapura"

Kami berharap kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang mendapat bingkisan ini, jangan dilihat dari isi bingkisannya akan tetapi lihat nilai Silaturahim yang terbentuk antara PA Martapura dengan Bapak-bapak dan Ibu-ibu, dan do’akan kami semoga PA Martapura dapat melanjutkan Silaturahim ini dimasa yang akan datang, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu menerapkan Protokol Kesehatan agar kita semua terhindar dari ganasnya virus Covid-19, pungkas wanita asal lampung yang merupakan Ketua PA Martapura dalam sambutannya.

Keesokan harinya, Kamis, 19/8/2021, Pengadilan Agama (PA) Martapura kembali berbagi dengan melakukan Kunjungan (Anjangsana) ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Jihadul Karim khusus Yatim Piatu dibawah Asuhan Ustadz Siswanto dengan jumlah santri dan santriwati sebanyak 58 orang yang beralamat di Desa Sumber Mulyo BK III Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Kunjungan tersebut dikomandoi langsung oleh Ketua PA Martapura Ibu Syarifah Aini, S.Ag., M.H.I. didampingi Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris dan Pengawai PA Martapura

"Suasana saat Berbagi Kebahagiaan dengan Santri dan Santriwati Pondok Pesantren Al-Jihadul Karim Khusus Yatim Piatu di Desa Sumber Mulyo BK III Ogan Komering Ulu Timur"

Anjangsana yang dilakukan oleh PA Martapura ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Mahkamah Agung Republik Indonesia (MARI) ke-76 tahun 2021 yang bertepatan pada tanggal 19 Agustus 2021. Tujuan dari Anjangsana ini adalah Sebagai rasa syukur dan berbagi kebahagiaan kepada anak yatim piatu yang berada di wilayah hukum PA Martapura.

Dalam sambutannya Ketua PA Martapura Ibu Syarifah Aini, S.Ag., M.H.I. mengucapkan rasa terima kasih karena telah diterima dengan baik oleh para Ustadz dan para santri dan semoga Silaturahim ini dapat tetap berlanjut untuk waktu yang akan datang., (zhoekz).

"Ketua PA Martapura Ibu Syarifah Aini, S.Ag., M.H.I. dan rombongan Photo Bersama dengan Pengasuh serta Santriwati Pondok Pesantren Al-Jihadul Karim"

Rapat Reviu SOP Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Pagaralam

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

SOP2.jpg

Pagar Alam/22 Januari 2021. Pengadilan Agama Pagar Alam melangsungkan kegiatan Rapat Pembahasan Reviu Standar Operasional Prosedur Penyelesaian Perkara Peradilan Agama pada hari Kamis tanggal 21 Januari 2021 bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Pagar Alam.

Kegiatan ini untuk menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 207/DjA.3/HM.00/1/2021 tertanggal 19 Januari 2021 perihal Reviu Standar Operasional Prosedur Penyelesaian Perkara Peradilan Agama. Hasil reviu ini dituangkan kedalam Hasil Lembar Kerja Reviu dan harus segera dirikim dengan surat elektronik (email) ke alamat This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. paling lambat tanggal 31 Januari 2021.

Sebelumnya Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam telah mengeluarkan Surat Keputusan Tentang Tim Reviu Standar Operasional Prosedur Penyelesaian Perkara Peradilan Agama, dimana Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam selaku Pembina dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pagar Alam sebagai Ketua Tim.

Kegiatan Reviu Standar Operasional Prosedur Penyelesaian Perkara Peradilan Agama ini berlangsung selama 7 jam, dimulai sejak pukul 08.30 Wib sampai dengan 15.30 Wib.

Rapat Koordinasi Awal Tahun 2021 dan pemberian Reward

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

jadi_sampul.jpg

Ketua Pengadilan Agama Sekayu Bapak Korik Agustian, S.Ag.,M.Ag., mengundang seluruh pegawai Pengadilan Agama Sekayu dalam rapat koordinasi awal tahun, pembagian Surat Keputusan dan pembagian reward pada hari Rabu tanggal 07 Januari 2021.

Dalam rapat tersebut, Bapak Ketua mengucapkan terimakasih atas evaluasi dan masukan yang disampaikan segenap pegawai Pengadilan Agama Sekayu. Dengan adanya sarana komunikasi langsung seperti ini, seluruh pimpinan berharap ke depannya jika ada permasalahan dapat langsung dipecahkan secara bersama-sama dan Bapak Ketua berharap semoga kedepannya kita dapat mencapai ZI (Zona Integritas) WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Bapak Muchlis, S.H.I.,M.H.I. selaku Sekretaris PA Sekayu memberikan informasi bahwa pada Tahun ini akan diberikan seragam baru untuk membuat kita lebih semangat dalam bekerja dan terlihat semakin kompak.

Setelah Rapat Koordinasi selesai, dilanjut dengan pemberian Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Honorer Pengadilan Agama Sekayu Tahun 2021 dan Surat Perjanjian Kerja Kontrak Kerja Honorer Pengadilan Agama Sekayu, lalu dilanjutkan dengan pemberian penghargaan/reward kepada pegawai yang masuk kategori penilaian. Total reward yang dibagikan sebanyak 3 kategori, yaitu kategori Hakim yang didapatkan oleh Bapak Tony Abdul Syukur, S.H.I., Kategori Pegawai di dapatkan oleh Bapak Herdi Saputra, S.H.dan Kategori Honorer di dapatkan oleh Bapak Ruswandi, S.H.

Berikut Foto Kegiatan Rapat Koordinasi dan Pemberian SK pegawai Honorer kepada Pegawai Pengadilan Agama Sekayu :

Ikrar Dan Penandatanganan Bersama Pakta Integritas

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang.

Ikrar Dan Penandatanganan Bersama Pakta Integritas

Di PA Pagar Alam Tahun 2021

foto .jpeg

Pagar Alam/ 12 Januari 2021. Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pagar Alam, dilaksanakan kegiatan Pembinaan yang disampaikan oleh Ketua PA Pagar Alam (Febrizal Lubis, S.Ag., S.H., M.H) sekaligus Penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2021 yang diikuti oleh Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Sekretaris, para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional PA Pagar Alam.