pta-plg-logo.png

Terus Berbenah, Ketua PA Muara Enim Studi Pembelajaran ke MPP Pemkot Pekanbaru

Written by Maskur Kaswi.

Terus Berbenah, Ketua PA Muara Enim Studi Pembelajaran ke MPP Pemkot Pekanbaru

01052019-0900.jpg

PA-MUARAENIM.GO.ID - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan studi pembelajaran tentang Mal Pelayanan Publik (MPP) ke Pemerintah Kota Pekan Baru, Senin (29/4/2019). Studi pembelajaran tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari 28 April 2019 sampai dengan 1 Mei 2019, atas dasar Surat Perintah Tugas Bupati Muara Enim Nomor 090.094/977/VIII/2019, tanggal 22 April 2019.

KPA Sekayu: “Tingkatkan Profesionalitas dan Kompetensi Kinerja”

Written by Maskur Kaswi.

KPA Sekayu: “Tingkatkan Profesionalitas dan Kompetensi Kinerja”

01052014-0540.jpg

PA-SEKAYU.GO.ID – Setelah sekian lama kosong, akhirnya Jabatan Kasubbag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Sekayu terisi kembali. Selasa, (30/04/19) bertempat di Aula pertemuan lantai II PA Sekayu, sekitar pukul 10.00 WIB Ketua PA Sekayu secara resmi melantik Herdi Saputra, S.H. sebagai Kasubbag Umum dan Keuangan yang baru, menggantikan Sutarja, SE, yang promosi menjadi Sekretaris Pengadilan Agama Muara Dua. Herdi, sapaan akrabnya, yang juga bapak dari tiga orang anak itu, bukanlah figur baru di PA Sekayu, tapi figur yang telah lama mengabdi dan bertugas di PA Sekayu itu. Sejak tahun 2003, ia tercatat sebagai CPNS PA Sekayu dengan pangkat dan golongan II/A. hingga sekarang yang kurang lebih 16 tahun mengabdi dengan pangkat dan golongan III/b, dan cukup banyak pengalaman yang ia miliki selama mengabdi di PA Sekayu itu.

“SIGAD” Pengarsipan Perkara PA Kayuagung Berbasis QRCode

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang Prov Sumsel.

“SIGAD” Pengarsipan Perkara PA Kayuagung Berbasis QRCode

 

sigad

Kayuagung | “Tak Lelah Berkreasi, Tak Henti Berprestasi…“, motto yang telah lama tertanam dibenak pegawai Pengadilan Agama Kayuagung, dan dengan motto inilah menjadi salah satu pecut semangat dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang diemban.

Setelah dikeluarkannya Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Penerapan Administrasi Register Perkara dan Keuangan Perkara Secara Elektronik pada Peradilan Agama tanggal 11 Februari 2019, yang sebelumnya register perkara dan jurnal keuangan perkara dicatat dalam buku induk register kini beralih menjadi digitalisasi.

Beranjak dari surat Dirjen tersebut, seolah tak pernah lelah dan kehabisan ide, Pengadilan Agama Kayuagung kini mencoba melakukan pengarsipan perkara secara digital yang sebelumnya berasal dari arsip yang tercetak manual lalu kemudian dikonversi menjadi digital.

Sistem Galeri Arsip Digital, atau “sigad” begitulah warga Pengadilan Agama Kayuagung menyebutnya. Di dalam aplikasi ini, terdiri dari beberapa menu utama, antara lain Data Aplikasi, Data Master, Data Pengguna, Data Transaksi, dan Data Laporan.

“sigad” sebagai media penyimpanan arsip digital tidak lain adalah untuk mendapatkan efisiensi dan optimalisasi dalam banyak hal antara lain efisiensi dan optimalisasi tempat penyimpanan, ataupun keamanan dari berbagai bentuk bencana serta dapat dengan mudah untuk telusur keberadaan berkas perkara.

qrcode

Lalu, apa yang menjadi keunikan dari aplikasi “sigad” dari aplikasi arsip perkara yang lain???. Satu hal yang menjadi keunikan yaitu aplikasi ini memiliki fasilitas cetak qrcode (Quick Response Code) baik untuk pengguna arsip maupun untuk berkas arsip itu sendiri. Kedepan tidak menutup kemungkinan “sigad” akan terintegrasi dengan arsip yang ada aplikasi SIPP PA Kayuagung.(ITKAG)

HASIL DISKUSI HUKUM PTA PALEMBANG : HAKIM WAJIB PAHAMI SEMA NOMOR 3 TAHUN 2018

Written by Maskur Kaswi.

HASIL DISKUSI HUKUM PTA PALEMBANG : HAKIM WAJIB PAHAMI SEMA NOMOR 3 TAHUN 2018

diskusi.jpeg

PALEMBANG | Isbat nikah poligami atas dasar nikah sirri dan hubungannya dengan permohonan asal usul anak di Pengadilan Agama menjadi fokus pembahasan diskusi teknis yustisial kwartal I, Jumat (26/4) kemarin. Hasilnya, hakim wajib memahami ketentuan dalam SEMA Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Rumusan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung tahun 2018 sebagai pedoman pelaksanaan tugas bagi pengadilan.

PA Kayuagung Luncurkan Layanan SMS Center Info Perkara

Written by Maskur Kaswi.

PA Kayuagung Luncurkan Layanan SMS Center Info Perkara

sms.png

Kayuagung | Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan  kepada para pencari keadilan, Pengadilan Agama Kayuagung Kelas IB kembali luncurkan layanan berbasis elektronik, berupa Sistem Informasi Pengadilan Agama Kayuagung dalam Jangkauan, yang disingkat “sikajang” (25/4).

Layanan ini merupakan layanan  SMS Center Info Perkara Pengadilan Agama Kayuagung, dimana layanan ini dirancang untuk memudahkan para pihak yang berperkara di Pengadilan Agama Kayuagung untuk dapat mengetahui perjalanan perkara mereka.

Layanan “sikajang” ini dapat digunakan oleh para pencari keadilan dengan syarat para pencari keadilan ataupun pihak berperkara mendaftarkan nomor telepon mereka kebagian pendaftaran perkara yang kemudian akan diinput kedalam server sistem informasi perkara Pengadilan Agama Kayuagung.

“sikajang” memberikan 3 (tiga) layanan utama yang dapat diakses oleh para pihak berperkara, pertama layanan info perkara, kedua layanan jadwal sidang dan terakhir layanan biaya perkara.

Adapun para pihak yang berperkara dapat mengirimkan sms ke nomor sms center PA Kayuagung dengan format yang telah ditentukan, untuk layanan info perkara dengan format PERKARA#nomor_perkara,  layanan biaya perkara dengan format BIAYA#nomor_perkara dan layanan  jadwal sidang dengan format JADWAL#nomor_perkara, contoh : PERKARA#1/G/2019 (perkara gugatan), PERKARA#1/P/2019 (perkara permohonan).

Selain sebagai layanan info perkara bagi para pencari keadilan, “sikajang” juga dapat digunakan sebagai layanan pengaduan bagi para pencari keadilan jika menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan pegawai Pengadilan Agama Kayuagung dengan cara melaporkan via sms center dengan format : LAPOR#NAMA#ALAMAT#ISILAPORAN.

Bukan hanya para pencari keadilan yang dapat menikmati layanan “sikajang”, layanan ini juga dapat digunakan oleh intern Pengadilan Agama Kayuagung sendiri, khususnya dibagian Kepaniteran Pengadilan Agama Kayuagung, mulai dari bagian pendafatran perkara hingga bagian pengarsipan perkara. Layanan “sikajang” ini sebagai reminder/notifikasi jika para user SIPP lupa ataupun terlambat dalam mengisi data perkara ke dalam aplikasi sistem informasi penelusuran perkara  (SIPP) PA Kayuagung.

Drs. Ikhsan, S,H., MA selaku Ketua Pengadilan Agama Kayuagung menegaskan bahwa, dengan semakin meningkatnya penerimaan perkara di Pengadilan Agama Kayuagung, aplikasi ataupun layanan ini sangat membantu sekali, baik untuk kepentingan para pencari keadilan maupun bagi pegawai PA Kayuagung sendiri dan agar terciptanya pelayanan publik prima, pungkas beliau”.

Senada yang ditagaskan oleh Ketua PA, saat ditemui diruang beliau Dra. Khodijah, S.H., M.H selaku Panitera PA Kayuagung, sangat  mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih atas apa yang telah dicapai, mari kita bekerja sama dan berkerja bersama – sama demi kemajuan Pengadilan Agama Kayuagung, tambah beliau. (ITKAG)