pta-plg-logo.png

Waspadalah Gratifikasi Asmara, Pesan KPTA Palembang

Written by Maskur Kaswi.

Waspadalah Gratifikasi Asmara, Pesan KPTA Palembang

Pesan_KPTA.JPG

PA-SEKAYU.GO.ID – Ada yang menarik  dalam pembinaan Ketua Pangadilan Tinggi Agama Palembang, kemarin tanggal 09 April 2019 di aula pertemuan Pengadilan Agama  Sekayu.  Poin menarik itu adalah terkait  penggunaan istilah yang beliau sampaikan kepada seluruh jajaran  PA. Sekayu.  Istilah itu, yang beliau sendiri sepertinya yang mempopularitaskannya, yang beliau sampaikan secara langsung itu, dihadapan seluruh jajaran  PA Sekayu  itu, sebenarnya, cukup asing juga didengar, tapi menarik perhatian seluruh pegawai yang hadir saat itu. Istilah itu adalah gratifikasi asmara.

Ecourt PA Kayuagung, Mulai diminati para Advocat

Written by Maskur Kaswi.

Ecourt PA Kayuagung, Mulai diminati para Advocat

Kayuagung | (15/4) sejak diluncurkannya aplikasi ecourt oleh Ketua Mahkamah Agung, YM Prof. DR. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH di Hotel Novotel, Balikpapan, Jumat (13/07/2018) tahun lalu, yang yang diujicobakan pada 32 pengadilan dalam lingkungan peradilan umum, agama dan TUN yang terpilih dan Pengadilan Agama Kayuagung sendiri mulai pengaktifkan aplikasi ecourt pada akhir tahun 2018.

Sejak dari pengaktifan aplikasi ecourt tersebut, PA Kayuagung telah melakukan sosialisasi dan training serta pembuatan akun pada aplikasi ecourt kepada para advocat yang sering beracara di PA Kayuagung.

ecourt 2 perkara.jpg

Hingga pertengahan April 2019, PA Kayuagung telah berhasil meregistrasi sebanyak 2 perkara yang didaftarkan melalui aplikasi ecourt.

Di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan, PA Sekayu menjadi PA terbanyak yang menerima pendaftaran perkara via ecourt dengan 77 Perkara, disusul PA Muaraenim dengan 4 perkara, PA Baturaja 3 perkara dan PA Kayuagung 2 perkara.

Aplikasi ecourt sendiri memiliki 3 fitur utama yaitu pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons).

Selain itu juga keuntungan yang diperolah jika advocat/pengacara yang mendaftarkan perkara via ecourt yaitu komponen biaya pemanggilan untuk Penggugat di tiadakan, sehingga bisa mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. (Admin TI PAKAG)

PA Kayuagung Lengkapi Sarana Penunjang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Written by Maskur Kaswi.

PA Kayuagung Lengkapi Sarana Penunjang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

 

Kayuagung | Menindaklanjuti Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 1403.b/DJA/SK/OT.01.03/8/2018 Tanggal 12 Agustus 2018 Tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Di Lingkungan Peradilan Agama, Pengadilan Agama Kayuagung terus berbenah.

Sarana dan prasarana penunjang perlahan – lahan mulai dilengkapi, mulai dari penempatan dan desain PTSP, Fasilitas PTSP, Sarana Penunjang PTSP, Layanan Inti PTSP, Layanan Pendukung PTSP, Prosedur Layanan PTSP, serta Performa Petugas Layanan PTSP.

Setelah sebelumnya Pengadilan Agama Kayuagung, telah memiliki sarana penunjang berupa TV Media Center dan CCTV akan tetapi semua itu terasa kurang lengkap karna salah satu sarana pokok penunjang PTSP belum tersedia di Pengadilan Agama Kayuagung, yaitu Mesin Antrian PTSP.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu PA Kayuagung melalui jajaran pimpinannya, mulai dari Ketua PA, Panitera, Sekretaris PA hingga para Kasubag, turun secara langsung dalam pemenuhan sarana penunjang PTSP PA Kayuagung, yakni penyediaan mesin antrian PTSP.

display antrian.jpeg

display menu antrian.jpeg

Foto : display antrain dan menu antrian ptsp pa kayuagungSenin (15/04),

Senin (15/04), Pengadilan Agama Kayuagung telah merampungkan apa yang menjadi kekurangan pada sarana penunjang PTSP tersebut.

Kini, Pengadilan Agama Kayuagung telah memiliki mesin antrian ptsp yang telah sesuai dengan standar SK yang dikeluarkan oleh Dirjen Badilag beberapa waktu lalu.

Adapun layanan pokok internal yang menjadi acuan dalam penyediaan mesin antrian antara lain, antrian permohonan informasi dan pengaduan, antrian pendaftaran perkara, antrian pembayaran biaya perkara, antrian pengambilan produk pengadilan dan layanan antrian sidang.

Sedangkan layanan penunjang PTSP yang dilakukan dari pihak eksternal meliputi, antrian posbakum, antrian Bank dan Antrian PT. Pos.

Mesin antrian PTSP Pengadilan Agama Kayuagung memiliki kode unik tersendiri, sesuai dengan jenis layanan antrian yang diberikan, Informasi dan Pengaduan dengan kode “A”, Pendaftaran Perkara “B”, Pembayaran Perkara “C” dan seterusnya.

Kali ini Pengadilan Agama Kayuagung, telah melengkapi semua sarana penunjang yang harus ada dan menjadi standar penilaian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), mulai dari TV Media Centre, CCTV hingga yang terbaru Mesin Antrian PTSP yang telah mengakomodir seluruh layanan pokok di Pengadilan Agama Kayuagung. (IT PAKAG

 

3 kali Runner UP, Minggu ini di salip ke posisi 4

Written by Maskur Kaswi.

Setelah 3 kali beruntun di posisi runner up, Rapor SIPP PA Kayuagung bergeser ke Posisi – 4

 

Kayuagung | Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) kembali merilis Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), yang diumumkan pada situs resmi badilag.mahkamahagung.go.id, Jumat (12/04).

Meski SIPP Bertengger di Runner Up, PA Muara Enim Terus Berbenah

Written by Maskur Kaswi.

Meski SIPP Bertengger di Runner Up, PA Muara Enim Terus Berbenah

12042019-1900.jpg

 

PA-MUARAENIM.GO.ID - Jum’at (12/4/2019), memasuki akhir pekan minggu kedua bulan April tahun 2019, sekira pukul 19.00 WIB, grup resmi Pengadilan Agama Muara Enim sontak menjadi ramai, sesaat setelah Panitera Pengadilan Agama Muara Enim, Edy Syafiq, S.H. mem forwarded Rapor Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Periode 12 April 2019. “Alhamdulillah kita bisa,” caption yang dipostingnya menerangkan forwaded tersebut, seolah informasi yang dibagikan tersebut, mengisyaratkan berita baik bagi keluarga besar Pengadilan Agama Muara Enim.