pta-plg-logo.png

Penutupan dan Pengumuman Kompetisi Inovasi Peradilan Agama pada Wilayah Yurisdiksi PTA Palembang

.

IMG_9039-min.JPG

Palembang, Senin 22 November 2021. Pengadilan Tinggi Agama Palembang melaksanakan kegiatan penutupan Kompetisi Inovasi Peradilan Agama bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palembang pada hari Senin, 22 November 2021 pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, pada pukul 08.00 WIB dilaksanakan apel pagi rutinan sekaligus upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pengadilan Tinggi Agama Palembang ke-64 bertempat di halaman depan kantor Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Hal yang berbeda pada apel pagi rutinan, pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-64 ini dilakukan pembacaan sejarah Pengadilan Tinggi Agama oleh Kasubag Rencana Program dan Anggaran, Miftah Nurul Anwar, S.H., M.H. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Ketua, Panitera serta Sekretaris dari 12 Pengadilan Agama se-Sumatera Selatan serta pengurus Dharmayukti Karini Cabang Sumatera Selatan. Selain itu, kegiatan tersebut juga disaksikan oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama sewilayah Sumatera Selatan secara virtual. 

IMG_8724-min.JPG IMG_8726-min.JPG

Ketua panitia, YM. Drs. Johan Arifin, S.H., M.H dalam menyampaikan laporannya menyebutkan bahwa Kompetisi Inovasi Peradilan Agama yang diselenggarakan sejak tanggal 20 September hingga 12 November 2021 tersebut, diikuti oleh 12 Pengadilan Agama se-Sumatera Selatan dan terdiri dari 6 jenis kategori yaitu kompetisi aplikasi dengan 21 nominasi aplikasi, kompetisi inovasi dengan 18 nominasi inovasi non aplikasi serta 12 nominasi kompetisi website, PTSP dan dekorum ruang sidang serta implementasi aplikasi Badilag. Ketua Panitia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dengan penuh semangat dan mengucapkan selamat kepada para pemenang yang telah berhasil meraih prestasi serta berdoa semoga prestasi tersebut tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tingkat baik nasional maupun internasional sehingga dapat mengharumkan nama peradilan agama dan mewujudkan lembaga peradilan yang berasas sederhana, cepat dan biaya ringan.  

IMG_8778-min.JPG

Dari hasil kegiatan Kompetisi Inovasi Peradilan Agama yang terdiri atas 6 jenis kompetisi tersebut, didapatkan bahwa dari 12 Pengadilan Agama sewilayah Sumatera Selatan, Juara Umum sebagai kemenangan terbanyak diraih oleh Pengadilan Agama Pangkalan Balai dengan perolehan 10 kemenangan dan skor 45 poin, kemudian kemenangan terbanyak kedua diduduki oleh Pengadilan Agama Pagaralam dengan 8 kemenangan dan skor 36 poin serta kemenangan terbanyak ketiga diraih oleh Pengadilan Agama Lubuk Linggau dengan 6 kemenangan dan skor 30 poin.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, YM. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa diselenggarakannya Kompetisi Inovasi Peradilan Agama tersebut merupakan sebuah tindakan nyata yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Agama  Palembang untuk memotivasi dan mempercepat perkembangan dari berbagai sektor di 12 Pengadilan Agama, mengapresiasi para inovator di satker serta untuk mensukseskan blue print Mahkamah Agung 2010-2035 yaitu mewujudkan peradilan yang modern.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang juga mengatakan bahwa kegiatan kompetisi Inovasi Peradilan Agama yang diselenggarakan bertepatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pengadilan Tinggi Agama Palembang ke-64 tersebut diharapkan dapat menjadi momentum Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Pengadilan Agama se-Sumatera Selatan untuk mengintropeksi dan retrospeksi setiap angka yang bertambah yang sepatutnya semakin maju dan berkembang setiap tahunnya. Di akhir sambutannya, YM. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I mengungkapkan ucapan terima kasihnya kepada para panitia yang telah bekerja keras dalam mensukseskan kegiatan ini dan selamat kepada para pemenang kompetisi dalam rangka HUT PTA Palembang yang ke-64 ini.

A IMG_8786-min.JPG

Harapannya, dengan selesainya kegiatan kompetisi ini tidak menyurutkan semangat juang satker di daerah untuk terus menciptakan inovasi-inovasi lainnya, mewujudkan budaya kompetitif, fastabiqul khairat untuk selalu menjadi garda terdepan penegakan keadilan dan menjadi lembaga peradilan agama yang agung dan bermartabat serta dapat membawa nama baik peradilan agama baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Selain itu pula, pada peringatan Hari Ulang Tahun Pengadilan Tinggi Agama Palembang ke-64 ini, beberapa satker terpilih membagikan pengalaman dan tipsnya dalam meningkatkan ranking SIPP dalam lingkup Nasional, yaitu Pengadilan Agama Lubuk Linggau yang diwakili oleh Ketua Pengadilan Agama Lubuk Linggau, YM. Drs. Kiagus Ishak, Z.A, dari Pengadilan Agama Kayuagung diwakili oleh Ketua Pengadilan Agama Kayuagung, YM Afrizal, S.Ag., M.H, dan Drs. Suratman Hardi, mantan Panitera dari  Pengadilan Agama Muara Enim yang kini menjabat sebagai Panitera Pengganti di Pengadilan Tinggi Agama Palembang. Kegiatan sharing pengalaman dan berbagi tips dan trik dalam meningkatkan ranking SIPP Nasional tersebut sebagai upaya dalam mensukseskan salah satu program prioritas Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan 12 satker se-Sumatera Selatan. Kegiatan kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan berfoto bersama. (wy)

A IMG_8803-min.JPG

IMG_8830-min.JPG

A IMG_9100-min.JPG