pta-plg-logo.png

Kesepakatan Damai Cabut Gugatan Penggugat di PN Sekayu

.

WhatsApp Image 2021-10-07 at 16.06.33.jpeg

 pta.palembang.go.id

Sekayu | - Selasa 5 Oktober 2021 bertempat di ruang Mediasi Pengadilan Negri Sekayu, Mediator Bapak Rizkiansyah, S.H. (Hakim PN Sekayu) berhasil mendamaikan para pihak dalam perkara Nomor 10/Pdt.G/2021/PN.Sky.

Aman Mukti, S.H (Advokad) dan Husni Taufik, S.H. (Advokad) yang memberikan kuasa kepada Asosiasi Advokad Muba (AAM) tertanggal 16 Agustus 2021 menggugat  Ketua Pengadilan Agama Sekayu  sebagai Tergugat; Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang sebagai Turut Tergugat I; dan Ketua Mahkamah Agung RI sebagai Turut Tergugat II.

Pada saat persidangan pertama tanggal 21 September 202, pihak Penggugat hadir didampingi oleh tim kuasa hukumnya antara lain Bapak Indafikri, S.H.; Dr. Wandi Subroto, S.H., M.H.; Roco Roberto, S.H.; Jon Heri, S.H.; Hendri, S.H., M.H.; Aan Adi Kesuma, S.H. ; Andri Koswara, S.H.; Dwi Yulyanti, S.H.; Ronal Siregar, S.H., Tergugat  hadir diwakili oleh kuasa hukumnya Ade Sofyan, S.Sy. (Humas PA Sekayu), Turut Tergugat I hadir diwakili oleh kuasa hukumnya Maskur Kaswi, S.H.(Panitera Muda Banding PTA Palembang), dan Turut Tergugat II hadir diwakili oleh kuasa hukumnya Bapak H. Fikri Habibi, S.H. M.H. (Hakim Yustisial pada Biro Hukum dan Humas MA). Pada persidangan pertama, Majelis Hakim berupaya mendamaikan para pihak, namun belum berhasil mencapai kesepakatan.

Sesuai dengan ketentuan PERMA Nomor 1 Tahun 2016, Majelis Hakim menunda persidangan untuk memberikan kesempatan kepada para pihak melakukan mediasi. Pada mediasi pertama belum terjadi kesepakatan dan mediasi ditunda pada hari Selasa 5 Oktober 2021;

Pada saat Mediasi tanggal 5 Oktober 2021 selain di hadiri para Penggugat berserta kuasanya, Kuasa Tergugat, Kuasa Turut Tergugat I, dan Kuasa Turut Tergugat II di atas, hadir pula dua orang Tim Kuasa Turut Tergugat II lainnya, yaitu Bapak Dr. Rio Satria, S.H.I., M.E.Sy dan Bapak Mustamin, S.H., M.H. yang keduanya Hakim Yustisial pada Biro Hukum dan Humas MA.

Dengan kepiawaian mediator dalam memfasilitasi para pihak, akhirnya pada mediasi kedua terjadi kesepakatan damai.

Setelah para pihak menandatangani  Kesepakatan Perdamaian di hadapan Mediator, Majelis Hakim pada hari itu juga membuka persidangan dan menjatuhkan Penetapan Nomor 10/Pdt.G/2021/PN.Sky yang amarnya pada pokoknya mengabulkan permohonan pencabutan perkara dari Penggugat sesuai dengan isi kesepakatan para pihak.

Setelah Ketua Majelis menutup persidangan, para pihak yang bersiteru saling berjabat tangan dan foto bersama sebagai tanda berakhirnya sengketa ini. (Mr.K)