pta-plg-logo.png

Diseminasi dan Bimbingan Teknis Penanganan Bantuan Teknis Hukum dalam Masalah Perdata Bagi Hakim, Panitera dan Jurusita Wilayah Yurisdiksi Jambi dan Sumatera Selatan

.

PTA Palembang – 1 Oktober 2021 Pengadilan Tinggi Agama Palembang menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung berkenaan tentang diseminasi dan bimbingan teknis penanganan bantuan teknis hukum dalam masalah perdata bagi Hakim, Panitera dan Jurusita wilayah hukum Jambi dan  Sumatera Selatan secara virtual di Command Center Pengadilan Tinggi Agama Palembang (PTA Palembang) pukul 08.30 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim Tinggi, Panitera, Panitera Muda Hukum, dan Panitera Muda Banding PTA Palembang.

Acara tersebut dilatarbelakangi oleh pembentukan Nota Kesepahaman antara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI) tentang Penanganan Permintaan Bantuan Teknis Hukum dalam Masalah Perdata. Pada acara ini, bertindak sebagai Narasumber adalah Direktur Hukum dan Perjanjian Sosial Budaya serta Kepaniteraan MA RI.

Bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh MA RI ini memperkenalkan Rogatori Online untuk memonitoring pengajuan permintaan bantuan Penyampaian Dokumen Dalam Masalah Perdata dari Pengadilan di Indonesia kepada Pengadilan Negara Asing. Rogatori tersebut merupakan hasil keputusan bersama antara Kementerian Luar Negeri RI dan Mahkamah Agung RI                            Nomor 909/B/HI/02/2018/01 dan Nomor 02/SKB/MA/2/2018. Berdasarkan surat keputusan tersebut, pengiriman surat harus sesuai dengan MoU agar segera ditindaklanjuti oleh Kepaniteraan MA RI. Form yang diisi juga harus sesuai dan tidak mengalami perubahan. Adapun berkenaan dengan biaya Rogatori ditanggung oleh pihak berperkara. Permasalahan Rogatori merupakan kekuasaan penuh Kepaniteraan MA RI sehingga apabila terdapat kendala diharapkan  menghubungi kepaniteraan MA RI agar dapat segera ditindaklanjuti.