pta-plg-logo.png

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dan Pembinaan Akreditasi Penjaminan Mutu terhadap Pengadilan Agama Muara Enim

.

Muara Enim - Kamis, 16 September 2021, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang YM. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I didampingi oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Palembang Sahlanudin, S.Ag., S.H., M.H dan Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Palembang Imron Rusadi, S.H melakukan inspeksi mendadak atau Sidak dan pembinaan dalam menghadapi Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu terdahap Pengadilan Agama Muara Enim (PA Muara Enim).

Kedatangan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Palembang tersebut disambut baik oleh pimpinan Pengadilan Agama Muara Enim yang terdiri dari Ketua yaitu Bapak Drs. Husaini, S.H., M.H, Wakil Ketua Ibu Suspawati S. Ag, Panitera Bapak Drs. Efendi serta Sekretaris Pengadilan Agama Muara Enim Bapak Syam Ratulangi, S.H.

Pada kegiatan sidak tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang bersama Sekretaris dan Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Palembang memeriksa implementasi 3K (Kebersihan, Kerapihan dan Keindahan) pada seluruh ruang kerja di Pengadilan Agama Muara Enim. YM. Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I juga memeriksa penegakan kedisiplinan pegawai di Pengadilan Agama Muara Enim melalui absensi. Bahkan lebih dari itu, Ketua, Sekretaris, Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Palembang menguji komitmen Pengadilan Agama Muara Enim dalam pemberian pelayanan yang prima dengan testimoni atau menanyakan sejumlah masyarakat secara langsung terhadap kinerja dan pelayanan instansi tersebut. Selesai pemeriksaan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang beserta Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Palembang memberikan pembinaan Akreditasi Penjaminan Mutu dan Zona Integritas.

Sebagaimana yang kita ketahui dari 12 satuan kerja Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Pengadilan Agama Muara Enim dan Pengadilan Agama Kayuagung menjadi 2 pengadilan agama yang diusulkan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama untuk Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK dan WBBM). Oleh karena itu, sebagai langkah awal, penting bagi Pengadilan Agama Muara Enim untuk memaksimalkan persiapan dalam menghadapi Akreditasi Penjaminan Mutu.

YM. Drs. . H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I dalam arahannya memberikan berbagai tips kepada PA Muara Enim untuk kesuksesan Akreditasi Penjaminan Mutu. Pertama, Kebersihan, Kerapihan dan Keindahan (3K) terhadap sarana dan prasarana kantor harus selalu dijaga. Kedua, Sarana dan prasarana tersebut harus selalu diperbaiki dan diperbaharui. Ketiga, Seluruh pegawai selalu menerapkan kode etik dan memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat. Keempat, Pengadilan Agama Muara Enim menolak dan menindak tegas segala bentuk pungutan liar (pungli). Kelima, dokumen-dokumen Akreditasi Penjaminan Mutu harus lengkap di semua area dan hendaknya dokumen tersebut dikirim ke Pengadilan Tinggi Agama Palembang terlebih dahulu untuk dilakukan pemeriksaan dan pengecekan sebagai upaya maksimal dalam menghadapi Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu dari Asesor eksternal.

Selain itu, YM Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang  menyampaikan bahwa Akreditasi Penjaminan Mutu merupakan langkah awal untuk mencapai Zona Integritas. Oleh karenanya, Pengadilan Agama Muara Enim harus mendapat nilai A Excellent dalam Akreditasi Penjaminan Mutu.  Pada akhir pengarahan dan pembinaannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang      YM. Drs. . H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I berharap semoga Pengadilan Agama Muara Enim mendapatkan nilai A Excellent dalam Akreditasi Penjaminan Mutu dan dapat meraih predikat Zona Integritas. Acara kemudian ditutup dengan penyampaian Nilai Utama Mahkamah Agung oleh seluruh hadirin yang hadir dalam pembinaan Akreditasi Penjaminan Mutu. (wy)