pta-plg-logo.png

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Beserta Anggota IKAHI Dan Aparatur Mengikuti Seminar Kupas Tuntas Seputar Isolasi Mandiri (ISOMAN)

Written by Jurnalis PTA Palembang.

PTA Palembang- Selasa, 3 Agustus 2021 bertempat di aula lantai 4 (empat) Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, serta Anggota IKAHI dan Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Palembang memenuhi Undangan PP IKAHI Nomor: 088/PP.IKAHI/VII/2021 tentang Undangan Seminar Virtual Covid-19.

1 ikh.jpg

7 ikh.jpg

 

Usaha penanganan wabah pandemi covid-19 dilakukan oleh berbagai macam unsur organisasi. Salah satunya adalah Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia (PP IKAHI) Mahkamah Agung RI. PP IKAHI dalam beberapa waktu telah mandata banyaknya anggota IKAHI yang meninggal akibat terpapar covid-19. Oleh karena itu, sebagai salah langkah preventif PP IKAHI melaksanakan seminar secara virtual tentang “Bersama, Disiplin, Lawan Covid-19” dengan Tema Kupas Tuntas Seputar Isolasi Mandiri (ISOMAN). Seminar virtual ini menghadirkan Dokter Ibu. Hedy Budi Sampurno, MPH. Beliau membahas tentang “A sampai Z Isolasi Mandiri (ISOMAN).

 

pp ikahi 2.JPG

pp ikahi 3.JPG

 

 

 

 

 

 

 

 

Tampak di Zoom meeting ada sekitar 1000an partisipan yang mengikuti, baik dari anggota IKAHI dan aparatur lain. Aparatur PTA Palembang yang hadir mengikuti virtual tampak antusias menyimak penjelasan dari narasumber tentang dinamika perkembangan covid-19.

 

4 ikh.jpg

6 ikh.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kma 2.JPG

Atas seminar yang dilakukan pada hari ini, YM. Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H mengapresiasi dan mengucapkan kepada Pengurus Pusat IKAHI, Pengurus Daerah IKAHI, Pengurus Cabang IKAHI, dan seluruh Aparatur Pengadilan yang mengikuti acara seminar ini. Beliau menyampaikan bahwa sakit adalah cobaan dari Allah SWT, Tuhan YME, akan tetapi acara ini adalah sebagai usaha kita semua untuk lebih berhati-hati dalam menghadapi covid-19 ini. (mlh)

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Melantik Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Ketua Pengadilan Agama Prabumulih Kelas II

Written by Jurnalis PTA Palembang.

PTA Palembang- Senin, 2 Agustus 2021 M/ 23 Dzulhijjah 1442 H pukul 10.00 WIB bertempat di aula lantai 4 (empat) PTA Palembang dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang YM. Drs. Makmun. S.H., M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya serta dilanjutkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua Pengadilan Agama Prabumulih kelas II YM. Lukmin. S.Ag yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Mahkamah Syar’iah Sabang oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang YM. Drs. H. R.M. Zaini, S.H.

1.jpg2.jpg

Adapun sebagai saksi dalam Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan adalah Hakim Tinggi YM. Drs. H. Syamsuddin Isma’il, S.H., M.H dan YM. Drs. H. Rusdi., S,H., M.H dan sebagai rohaniwan Masykur Kaswi. SH. Acara dimulai dengan pembacaan do’a, kemudian diteruskan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI serta pembacaan petikan surat keputusan Mahkamah Agung RI oleh Kabag Perencanaan dan Kepegawaan PTA Palembang. Acara ini dihadiri oleh undangan terbatas yang terdiri dari Hakim Tinggi, Panitera, Plt. Sekretaris PTA Palembang dan Para Ketua Pengadilan Agama sewilayah PTA Palembang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Selain dari itu pelaksanaan acara ini juga disiarkan secara langsung melalui live streaming youtube PTA Palembang melalui chanel youtube Info.Ptapalembang.

3.jpg4.jpg

Acara pelantikan terlaksana dengan hidmat, lancar dan sukses tidak ada halangan apapun. Setelah acara pelantikan selesai kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat oleh Wakil Ketua PTA Palembang yang baru saja dilantik. Dalam sambutannya YM. Drs. Makmun, S.H., M.H menyampaikan ucapan terimakasih atas dilantiknya hari ini sebagai Wakil Ketua PTA Palembang. Beliau juga menyampaikan mohon maaf jika pelantikan harus tertunda dan tidak segera dilaksanakan. Beliau menuturkan bahwa tertundanya pelantikan yang bersangkutan dikarenakan harus mendampingi istri untuk melakukan isolasi mandiri selama 15 hari pasca dilaksanakan PCR untuk syarat melakukan perjalanan dari Palangka Raya menuju Palembang. Alhamdulillah setelah melampaui isolasi mandiri selama 15 hari dan istri dinyatakan sembuh, barulah tepat pada hari ini bisa dilantik di PTA Palembang. Terakhir beliau menyampaikan, bahwa sebagai Wakil Ketua PTA Palembang akan mendukung penuh setiap kebijakan yang diambil Ketua PTA Palembang untuk demi kebaikan PTA Palembang dan PA sewilayah PTA Palembang, terkhusus dalam meraih predikat Wilayah Bebar dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

5.jpg

Setelah Wakil Ketua PTA Palembang selesai memperkenalkan diri, acara kemudian dilanjutkan pengarahan dan pembinaan oleh Ketua PTA Palembang. Beliau menyampaikan terkhusus kepada Wakil Ketua PTA Palembang untuk mengawal tetap konsistensinya Akreditasi Penjamin Mutu (APM) tetap berpredikat A Excellent, dan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebar dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di PTA Palembang dan PA sewilayah PTA Palembang. Selanjutnta beliau menugaskan kepada Wakil Ketua PTA untuk memonitor dan mengevaluasi penggunaan aplikasi Kinsatker, peningkatan rangking SIPP, dan aplikasi lainnya di PTA Palembang dan PA sewilayah PTA Palembang. Secara langsung Ketua PTA Palembang akan mendukung penuh trobosan dan inovasi yang akan dilakukan oleh Wakil Ketua PTA Palembang.

6.jpg

Kepada para Ketua PA sewilayah PTA Palembang, Ketua PTA Palembang memerintahkan untuk segera menindaklanjuti seluruh kebijakan Bapak Dirjen melalui surat-suratnya yang telah diterbitkan melalui website Badilag Mahkamah Agung RI. Beliau juga berpesan para Ketua PA untuk mempersiapkan media center beserta sumber daya manusia bidang teknologinya. Hal tersebut dimaksudkan sebagai sarana Ketua PTA Palembang untuk melaksanakan sidak virtual guna mengetahui kondisi tata ruang dan aktifitas di kantor. Terakhir beliau memerintahkan kepada KPA untuk menggalakan penggunaan E-court dalam pendaftaran perkara, keberhasilan mediasi dan penanganan gugatan sederhana.

7.jpg

Acara diakhiri dengan ucapan syukur Alhamdulillah dan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik. Diawali oleh Ketua PTA Palembang dan seluruh tamu undangan yang hadir.(mlh)

Rapat Koordinasi Perdana Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Tentang Tekad Bersama-sama Meraih Predikat WBK Tahun 2021

Written by Maskur Kaswi.

rakor juli 21.png

pta.palembang.go.id.

Palembang | - Senin, 26 Juli 2021 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang YM. Drs. H. R.M. Zaini, S.H., M.HI melakukan rapat koordinasi perdana dengan Hakim Tinggi, Panitera, Plt. Sekretaris, seluruh jajaran PTA Palembang dan para KPA sewilayah PTA Palembang. Rapat koordinasi dilakukan setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 4 (empat) KPA baru. Rapat koordinasi ini selain dilaksanakan tatap muka, dilaksanakan juga melalui zoom meeting dengan Wakil ketua, Hakim, Panitera serta sekretaris PA sewilayah PTA Palembang.

Ketua PTA Palembang memberikan semangat kepada  Hakim Tinggi, Panitera, Plt. Sekretaris, seluruh jajaran PTA Palembang dan para KPA untuk bersama-sama meningkatkan pelayanan kepada para pencari keadilan dengan perubahan mind set, culture set, serta perubahan-perubahan lain yang positif. Harapan Ketua PTA Palembang dengan peningkatan pelayanan prima dan perubahan mind set, culture set, serta perubahan-perubahan lain yang positif kepada masyarakat akan menjadikan satker bisa meraih predikat WBK tahun 2021 ini.

Ketua PTA juga mewanti-wanti kepada seluruh aparatur peradilan sewilayah PTA Palembang jangan sekali-sekali bermain perkara, proyek, belanja modal dan penyelewengan lainnya. Harus ada komitmen besar dan bersama untuk meraih predikat WBK.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Melantik Hakim Tinggi sekaligus Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Ketua Pengadilan Agama Palembang Kelas IA, Kayu Agung Kelas IB, Lahat Kelas IB, dan Sekayu Kelas II

Written by Maskur Kaswi.

pelantikan juli 21.png

pta.palembang.go.id

Palembang|- Senin, 26 Juli 2021 M/ 16 Dzulhijjah 1442 H bertempat di Aula PTA Palembang lantai 4 (empat) Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang YM. Drs. H. R.M.Zaini, S.H., M.HI melantik Hakim Tinggi YM. Drs. Johan Arifin. S.H., M.H sekaligus melantik dan mengambil sumpah jabatan Ketua Pengadilan Agama Palembang Kelas IA Drs. Mahmud Dongoran. M.H., Kayu Agung Kelas IB Afrizal, S.Ag., M.H., Lahat Kelas IB Misdaruddin, S.Ag., M.H, dan Sekayu Kelas II Waluyo, S.Ag., M.HI.

 

 

 

 Acara pelantikan dihadiri oleh Hakim Tinggi, Panitera, Plt. Sekretaris, sebagian jajaran dari PTA Palembang dan tamu undangan terbatas dan disaksikan oleh Aparatur Pengadilan Agama sewilayah PTA Palembang melalui zoom meeting. Acara dilaksanakan tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan, guna mengantisipasi penyebaran covid-19. (mlh)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara pelantikan dihadiri oleh Hakim Tinggi, Panitera, Plt. Sekretaris, sebagian jajaran dari PTA Palembang dan tamu undangan terbatas dan disaksikan oleh Aparatur Pengadilan Agama sewilayah PTA Palembang melalui zoom meeting. Acara dilaksanakan tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan, guna mengantisipasi penyebaran covid-19. (mlh)

Pembukaan Bimtek Ecourt dan SIPP PTA Palembang

Written by Maskur Kaswi.

buka ecourt21.jpeg

pta- palembang.go.id

Palembang | - Bertempat di Ballroom Aston Hotel Palembang, dilaksanakan acara Pembukaan Bimtek Pengelolaan Perkara E-Court dan Administrasi Perkara berbasis elektronik yang dikenal dengan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara), kedua Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang dengan didampingi oleh Panitera, Plt. Sekretaris dan Narasumber dari Badilag yaitu Bapak M. Natsir Asnawi, S.H.I, M.H. pada hari Senin 28 Juni 2021

Ketua Panitia Bimtek Bapak Drs. Darmadi (Panitera PTA Palembang) dalam laporannya menyampaikan bahwa Bimtek ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari 40 peserta Bimtek SIPP dan 40 peserta Bimtek E-Court. Untuk peserta Bimtek E-Court terdiri diri dari para Ketua, Panitera dan petugas PTSP, sedangkan Bimtek SIPP terdiri dari Wakil Ketua, Hakim, Panmud dan admin TI Pengadilan Agama sewilayah PTA Palembang. Kegiatan ini akan berlangsung hingga hari Rabu 30 Juni 2021 dengan anggara DIPA 01.

Ketua PTA Palembang dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia hingga terlaksana Bimtek ini dengan harapan Bimtek ini akan meningkatkan kemampuan SDM dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan. Selain itu beliau juga berpesan agar semua peserta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M.

Setelah Bimtek dibuka secara resmi, Ketua juga mengalungkan tanda peserta dan acara pembukaan selesai. Yang kemudian acara dilanjutkan dengan  penyajian materi pertama yaitu Kebijakan Pimpinan yang disampaikan langsung oleh Bapak Drs. H. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H.

Saat berita ini di turunkan, bimtek masih berlangsung hingga pukul 21.30 Wib (Mr.K)