pta-plg-logo.png

Ketua PA Prabumulih : Walaupun WFH, Jangan Lupa Absen

.

 10. sikep.jpeg

PA-PRABUMULIH.GO.ID (Senin, 20/04/2020), memperhatikan banyaknya pertanyaan dari para Hakim dan ASN terkait dengan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 dan Nomor 2 Tahun 2020, sehubungan kebijakan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020, Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 dan Surat Edaran Menpan RB Nomor 45 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja ASN pada instansi pemerintah di wilayah PSBB, maka pada tanggal 16 April 2020, Sekretaris Mahkamah Agung mengeluarkan Surat Edaran Nomor 771/SEK/KS.00/4/2020, perihal pelaksanaan kerja dari rumah (work from home) dalam rangka Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di minta kepada Hakim dan ASN dalam melaksanakan kerja dari rumah, mengisi daftar kehadiran/keberadaan melalui https://sikep.mahkamahagung.go.id sebagaimana pedoman terlampir.  

Merujuk surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI tersebut, Ketua Pengadilan Agama Prabumulih (YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH) langsung mengambil kebijakan untuk menerapkan absensi online pada aplikasi SIKEP sesuai petunjuk. Tepat tanggal 20 April 2020 mulai berlakunya absensi online, semua aparatur Pengadilan Agama Prabumulih yang melaksanakan WFH dan WFO (piket) telah mengaktifkan akunnya pada aplikasi SIKEP. YM. Suryadi pun tak lupa mengingatkan kepada segenap aparatur Pengadilan Agama Prabumulih untuk segera mengisi absensi online. “Walaupun WFH, jangan lupa absen,” ujarnya.

Beliau menjelaskan, kebijakan absensi online dilakukan sebagai langkah serta sebagai kontrol pimpinan terhadap pegawainya. Jadi tingkat pimpinan mengetahui kondisi keberadaan pegawainya pada saat pencegahan penyebaran virus corona ini.

Modul Presensi Online merupakan modul pada aplikasi SIKEP v.3.1.0 yang bertujuan untuk membantu berjalannya proses pengisian kehadiran/keberadaan pegawai dalam upaya pencegahan pandemi COVID-19 sehingga pelayanan publik tetap berjalan. Modul ini diperuntukkan bagi pegawai yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), dan juga bagi pegawai yang melaksanakan tugas piket bekerja dari kantor atau Work From Office (WFO). Sistem presensi pagi hari akan secara otomatis berfungsi pada pukul 06.00 sd 09.00 waktu setempat dan pada sore hari akan secara otomatis berfungsi pada pukul 16.00 sd 20.00 waktu setempat. Setiap Satuan Kerja dapat mengunduh rekapitulasi absensi pada SIKEP oleh pejabat yang memiliki hak akses sebagai Validator, tata cara selengkapnya akan disampaikan melalui dashboard SIKEP. (rani)