pta-plg-logo.png

PA Prabumulih Gelar Rapat Koordinasi Maret 2020

.

PA Prabumulih Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi bulan Maret 2020

pbm mrt1.jpg

PA-PRABUMULIH.GO.ID – Kamis (05/03/2020), Pengadilan Agama Prabumulih menggelar rapat koordinasi bulan Maret 2020, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Prabumulih. Acara dimulai pukul 14.00 WIB, dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Prabumulih (YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH), didampingi oleh Wakil Ketua (Lukmin, S.Ag., M.E), Panitera (Nahwa, SH) dan Sekretaris (Muhammad Firdaus, S.Kom).

Rapat dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Prabumulih (Muhammad Firdaus, S.Kom), dengan pembacaan basmallah dan menguraikan agenda rapat, antara lain tentang:

  1. Monev pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu dan Zona Integritas 2020
  2. Monev dekorum ruang sidang dan K3 (Kebersihan, Keindahan dan Kerapihan)
  3. Monev implementasi 9 inovasi unggulan Badilag
  4. Sosialisasi hasil Bimtek Tandatangan Elektronik
  5. Sosialisasi hasil Bimtek Jurusita  

Pada kesempatan ini, Ketua membuka rapat dengan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, atas kerjasamanya dalam pembenahan ruang sidang Pengadilan Agama Prabumulih. Direktur Jenderal Badilag dalam surat edarannya No. 5538/DJA/Hk.05/XI/2019, tanggal 11 November 2019, telah menyusun standar tata ruang sidang peradilan agama seluruh Indonesia, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pengadilan Agama Prabumulih yang baru diresmikan operasionalnya oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH, pada tanggal 22 Oktober 2018 lalu, langsung menindaklanjuti surat tersebut, dengan mendesain dan menata seindah mungkin Ruang Sidang, sesuai petunjuk Dirjen Badilag dalam tata ruang dekorum.

Selanjutnya secara detil, Ketua menyampaikan hal-hal yang perlu evaluasi, dengan membahas teknis Akreditasi Penjaminan Mutu dan Zona Integritas 2020, dekorum ruang sidang dan K3, hingga implementasi 9 inovasi unggulan Badilag.

Rapat berikutnya adalah pemaparan dari Panitera (Nahwa, SH), tentang hasil Bimtek Tandatangan Elektronik pada Salinan Putusan di Aplikasi e-Court TA 2020 yang telah diikutinya pada tanggal 17 s.d 22 Februari 2020 lalu. Beliau menyampaikan sosialisasi legalitas tanda tangan elektronik, dan tata cara penggunanan tandatangan elektronik pada aplikasi e-Court.

Pemaparan selanjutnya dari Jurusita Pengadilan Agama Prabumulih (Nurlinda Sari, SE), tentang hasil Focus Group Discussion (FGD) yang telah diikutinya pada tanggal 02 s.d. 03 Maret 2020 lalu. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan FGD ini bertujuan untuk menggali data dan informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan Naskah Akademik Pembentukan Jabatan Fungsional Jurusita.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas, diawali oleh Ketua, Hakim, Panitera dan Sekretaris, serta diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara dan PPNPN Pengadilan Agama Prabumulih. Ketua berharap, penandatanganan ini bukan hanya sebagai acara simbolis, namun agar selalu diterapkan dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur peradilan. Rangkaian acara tersebut diakhiri dengan foto bersama. (rani)