pta-plg-logo.png

Mediasi Berhasil, Apresiasi Kinerja Hakim Mediator PA Prabumulih

Written by Maskur Kaswi.

Mediasi Berhasil, Apresiasi Kinerja Hakim Mediator PA Prabumulih

 

 PA-PRABUMULIH.GO.ID – Selasa (14/01/2019), keberhasilan mediasi adalah prestasi gemilang dan membanggakan bagi setiap Mediator. Di awal tahun 2020, Hakim Pengadilan Agama Prabumulih, YM. Dwi Husna Sari, SHI, kembali berhasil mendamaikan para pihak pencari keadilan.

Perkara yang berhasil di mediasi ini merupakan perkara Cerai Talak Nomor 23/Pdt.G/2020/PA.Pbm yang terdaftar di PA Prabumulih tanggal 6 Januari 2020. Perkara tersebut ditangani oleh Majelis Hakim yang terdiri dari YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH (Hakim Ketua), YM. Lukmin, S.Ag., ME (Hakim Anggota 1) dan YM. Dwi Husna Sari, SHI (Hakim Anggota 2).

 Keberhasilan mendamaikan para pihak yang berselisih ini, tidak lepas dari kepiawaian seorang mediator dalam memediasi mereka. Berdasarkan hasil wawancara dengan YM. Dwi Husna Sari, SHI, ini adalah perkara ke-7 (tujuh) yang berhasil dimediasinya, selama bertugas sebagai Hakim Mediator sejak awal berdiri kantor Pengadilan Agama Prabumulih. Dengan memahami masalah, menyelami karakter, bersikap netral, membangun komunikasi yang baik, dan yang terpenting komitmen mencintai perdamaian, akhirnya para pihak pun sepakat untuk rukun kembali membina rumah tangga yang hampir berantakan, tambah Hakim yang baru saja meraih Juara 1 Lomba Masak Pindang DYK se-Sumatera Selatan ini.

 Semoga kedepannya semakin banyak perkara-perkara yang berhasil didamaikan oleh para Mediator dimanapun, khususnya di Pengadilan Agama Prabumulih. (Tim IT PA Pbm)

Ketua PA Pbm: “Di Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat

Written by Maskur Kaswi.

Ketua PA Pbm: “Di Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat

PA-PRABUMULIH.GO.ID – Jum’at (10/01/2019), Pengadilan Agama Prabumulih selain melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Pengadilan Tingkat Pertama yang memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara berdasarkan hukum Islam, juga mendukung pengembangan sumber daya manusianya, salah satunya dengan cara menyelenggarakan kegiatan senam bersama di halaman kantor Pengadilan Agama Prabumulih. Olahraga senam pagi diikuti oleh seluruh Pejabat, Pegawai dan Tenaga Honorer dilingkungan  Pengadilan Agama Prabumulih.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 ini, merupakan agenda rutin Tahun 2020 yang telah ditetapkan Ketua Pengadilan Agama Prabumulih (YM. Suryadi, S.Ag., SH., MH). Tim Redaksi pa-prabumulih.go.id mendapat kesempatan untuk mewawancarai Ketua Pengadilan Agama Prabumulih. Dalam wawancara singkat ini, sosok yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Sekayu tersebut, mengutip pepatah Romawi kuno “mens sana in corpore sano” yang memiliki arti “di  dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Orang yang rutin berolahraga akan memiliki tubuh yang sehat/bugar dan kesehatan yang terjaga, mereka dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik, bersemangat, tidak cepat lelah dan tidak mudah sakit. Olahraga sangat penting bagi tubuh, karena orang yang terbiasa berolahraga akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Kegiatan olahraga tidak hanya membakar kadar lemak dalam tubuh, namun juga bermanfaat untuk pikiran, karena dapat mengurangi segala bentuk depresi, tambahnya. 

Segenap pegawai Pengadilan Agama Prabumulih sangat antusias mengikuti kegiatan senam bersama. Semangat membangun kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi ini harus terus ditingkatkan, agar kinerja yang dihasilkan semakin berkualitas (Tim IT PA Pbm)

PA PRABUMULIH RAPAT KOORDINASI AWAL BULAN, SOSIALISASI REGULASI DAN KEBIJAKAN TERBARU MARI

Written by Maskur Kaswi.

PA PRABUMULIH  RAPAT KOORDINASI AWAL BULAN, SOSIALISASI REGULASI  DAN KEBIJAKAN TERBARU MARI

  2019

PA-PRABUMULIH.GO.ID Selasa (11/12/2019) Dalam upaya untuk menyamakan langkah dan persepsi terhadap percepatan pelaksanaan program dan kegiatan kerja, serta melakukan sinergisitas agar dalam bekerja sesuai prosedur dan terukur demi tercapainya program-program kerja yang telah direncanakan, maka Pengadilan Agama Prabumulih mengadakan Rapat Evaluasi dan Koordinasi Bulanan dan Sosialisasi E-LITIGASI. Kegiatan ini dilaksanakan pukul. 14.00 WIB s/d selesai, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Prabumulih, diikuti oleh seluruh jajaran ASN dan Honorer di Pengadilan Agama Prabumulih, terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, para Panitera Muda, para Kepala Sub Bagian, Jurusita dan seluruh tenaga Honorer di Pengadilan Agama Prabumulih. Agenda yang dibahas dalam rapat kali ini adalah mengenai hal-hal sebagai berikut:

Pembukaan Sidang Isbat Terpadu Oleh Gubernur Sumatera Selatan di Kabupaten Banyuasin (Pangkalan Balai)

Written by Pengadilan Tinggi Agama Palembang Prov Sumsel.

Pembukaan Sidang Isbat Terpadu Oleh Gubernur Sumatera Selatan di Kabupaten Banyuasin (Pangkalan Balai)

WhatsApp Image 2019 12 04 at 11.13.18

 PANGKALANBALAI.GO.ID - Rabu, 04 Desember 2019

Rabu, 4 Desember 2019 bertempat di Graha Sedulang Setudung Pemerintah Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, dilaksanakan Sidang Itsbat nikah terpadu oleh Pengadilan Agama Pangkalan kerja sama dengan Kementrian Agama Kabupaten Banyuasin dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuasin yang difasilitasi oleh Pemkab Banyuasin.

Lead Asesor Ditjen Badilag Bangga dengan Implementasi APM PA Sekayu

Written by Maskur Kaswi.

Evaluasi APM.jpg

PA-SEKAYU.GO.ID – Selasa (19/11/19) setelah team surveillance melakukan telusur dokumen, pengamatan dan wawancara kepada petugas pelayanan, serta para pihak berperkara, akhirnya kegiatan surveillance itupun selesai, dan tahap selanjutnya closing meeting.

Dalam closing meeting itu, seluruh jajaran PA Sekayu diminta untuk berkumpul semua oleh lead asessor, tanpa terkecuali, karena lead asessor pada hari itu akan menyampaikan sejumlah temuan yang segera harus ditindaklanjuti oleh team APM PA Sekayu. Bertempat di ruang aula pertemuan PA Sekayu, seluruh jajaran PA Sekayu telah berkumpul dan siap mendengar sambutan dan arahan dari lead asessor, yang juga merupakan direktur pembinaan administrasi Peradilan Agama itu.